CONTOH BISNIS PLAN

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya telah dapat menyelesaikan rencana bisnis perusahaan “NOZONA SWEET CORN”.Perusahaan inibergerakdalambidangperdagangan.
Dalam penulisan rencana bisnis ini saya mendapat bantuan dari banyak pihak, untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan bantuannya dalam menyelesaikannya.
Padang, November 2011
FRIYONA DWI MITRA
98495/09
I. Ringkasan Eksekutif
A. Identitas Perusahaan
Nama Perusahaan : NOZONA SWEET CORN
Alamat : Jln Pinang Sori RT II/RW II Air Tawar Timur, Padang
Nomor Telepon : (0751) 481147
B. Orang-Orang Penting dalam Perusahaan
PENDIRI
1. Nama : FRIYONA DWI MITRA
Alamat :Jln Pinang Sori RT II/RW II Air Tawar Timur,
NomorTelepon : 081374688793
ANGGOTA PERUSAHAAN
2. Nama : OLVI VERDIAN ABDILLAH
Alamat : Jln Air Tawar Barat No 14 B
Nomor Telepon : 081267809612
3. Nama : MEUTIA AFIKA SANI
Alamat : Tunggul Hitam 85 A
Nomor Telepon : (0751) 778943
C. Uraian Mengenai Perusahaan, Produk dan Jasa, dan Masalah Pelanggan
Perusahaan“NOZONA SWEET CORN”berdiri tanggal 30 OKTOBER 2011 oleh pribadisayasendiri, nama perusahaan sendiri di ambil dari nama saya sendiri. Perusahaan ini berlokasi di Jalan Pinang Sori RT II/ RW II Air Tawar Timur, Padang. Produk yang dihasilkan berupa makanan yaitujagungserutcoklatkeju. Masalah pelanggan merupakan masalah yang paling penting kerana pelanggan selalu menginginkan kepuasan dan mendapatkan yang terbaik, perusahaan memecahkan masalah ini dengan selalu berinovasi dan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik.
D. Pasar Bagi Produk
Pasar bagi produk makanan ini tidak terbatas kepada kalangan dan usia berapapun tetapi perusahaan melakukan stategi pemasaran yang di utamakan kepada para remaja karena remaja memiliki pengaruh kuat atas pembelian keluarga dan cenderung merupakan pengadopsi awal berbagai produk serta jasa yang menentukan tren sosial. Jadi pasar bagi produk antara lain :
· SDIT NurulIkhlas,
· STIKES SYEDZA SAINTIKA,
· FAKULTAS EKONOMI UNP
· PEMONDOKAN MAHASISWA
Perusahaan memilih pasar bagi produk makanan ini kepada siswa SDIT NurulIkhlas, StikesSyedzaSaintika,FakultasEkonomi, PemondokanMahasiswa, karenaletakstrategisperusahaandidekatdaerah yang mempunyaipasarproduk yang baik. Sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan.
E. Strategi untuk Menuju Kesuksesan
Dalam menjalankan usaha makanan ini perusahaan memiliki strategi-strategi antara lain :
Ø Strategi Harga
Produk makanan termasuk kedalam bentuk pasar persaingan sempurna dimana banyak terdapat barang pengganti atau subsitusi sehingga persaingan sangat kuat. Agar selalu dapat bertahan didalam pasar dan dapat menguasai pelanggan dan konsumen, perusahaan melakukan strategi harga dengan menetapkan harga dibawah harga pesaing dengan tetap mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan.
Ø Stategi Produk
Perusahaan melakukan stategi produk dengan menghasilkan produk yang semakin berbeda atau selalu berinovasi dengan kualitas dan pelayanan yang semakin baik, seperti menawarkan produk dengan tampilan dan kreasi-kreasi baru dan selalu berbeda tiap periode produksi.
Ø Stategi Promosi
Promosi bertujuan untuk menarik pembeli atau konsumen baru dan mempertahankan pembeli atau konsumen lama. Perusahaan melakukan strategi promosi dengan menyebarkan pamflet kepada calon konsumen yang menjadi pasar bagi produk perusahaan.
Ø Strategi Produksi
Perusahaan melakukan strategi produksi dengan berproduksi pada skala ekonomi, dengan biaya dan ongkos produksi yang rendah, seperti membeli bahan untuk proses produksi kepada pemasok atau langsung kepada pedagang pengumpul sehingga harga bisa lebih murah dibanding kepada pedagang eceran. Lokasi perusahaan dan lokasi pemasaran yang dekat dengan konsumen akan memperkecil biaya produksi.
F. Pernyataan Mengenai Kebutuhan Dana dan Cara Penggunaannya
Perusahaan membutuhkan dana atau modal untuk memulai suatu usahanya. Dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha makanan berupa “Sweet Corn“ ini antara lain untuk kebutuhan :
§ Perlengkapan seperti plastik atau kantong, kotak pembungkus, sendok plastik.
§ Peralatan, seperti kompor,alat untuk merebus jagung, alat untuk menyerut jagung.
§ Bahan-bahan baku seperti jagung setengah muda, air untuk merebus jagung, coklat batang, miesess, keju, susu kental manis putih ,saus blubeery
§ Promosi produk seperti biaya percetakan dll.
G. Dana digunakan berdasarkan keperluan produksi, modal awal sebesar Rp.100.000 digunakan untuk membeli perlengkapan dan peralatan produksi serta bahan baku.
Tabel Pokok-Pokok Perkiraan Keuangan
v Perkiraan Keuangan untuk perlengkapan
Tabel 1
Jenis dan Harga Perlengkapan
Nama barang
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
Harga total
|
Plastik dan kantong
|
Rp.10.000
|
1 pak
|
Rp.10.000
|
Kotak pembungkus
|
Rp.15.000
|
1 pak
|
Rp.15.000
|
Sendok plastik
|
Rp.2.000
|
1 bungkus
|
Rp.2.000
|
Kertas pembungkus nasi
|
Rp.10.000
|
1 rim
|
Rp.10.000
|
Kertas
|
Rp.20.000
|
1 rim
|
Rp.20.000
|
v Perkiraan Keuangan untuk Bahan Baku
Tabel 2
Jenis dan Harga Bahan Baku
Nama barang
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
Harga total
|
Jagung
|
Rp.500
|
50bh
|
Rp.25.000
|
Keju
|
Rp.16.000
|
1
|
Rp.16.000
|
Meses
|
Rp.10.000
|
1
|
Rp.10.000
|
Susu kental manis
|
Rp.1.000
|
5 sachet
|
Rp.5.000
|
Saus bluberry
|
Rp.10.000
|
1
|
Rp.10.000
|
Air putih
|
Rp.0
|
1.5 liter
|
Rp. 0
|
Coklat batang
|
Rp.12.000
|
1
|
Rp.12.000
|
v Perkiraan Keuangan untuk peralatan
Tabel 3
Jenis dan Harga Peralatan
Nama barang
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
Harga total
|
Parutan keju
|
Rp.10.000
|
1
|
Rp.10.000
|
Parutan keju
|
Rp.15.000
|
1
|
Rp.15.000
|
Periuk
|
Rp.10.000
|
1
|
Rp.10.000
|
Kompor
|
Rp.70.000
|
1
|
Rp.70.000
|
Post a Comment